Warga Kelurahan Pojok Terdampak TPA Mendatangi Kejaksaan Negeri Kota Kediri

atmojo, 06 Sep 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

KEDIRI - Puluhan warga Kelurahan Pojok Kecamatan Mojoroto Kota Kediri yang didampingi Imam Sofi'i selaku Ketua RW 03 Kelurahan Pojok mendatangi Kantor Kejaksaan Negeri Kota Kediri Jalan Jaksa Agung Suprapto, Kamis (5/9/2019) siang. 

Mereka mendatangi Kejaksaan untuk melaporkan dugaan penyalahgunaan wewenang dan perbuatan melawan hukum terkait dana hibah terdampak TPA Klotok melalui Pokmas Sumber Tretes disinyalir belum berbadan hukum. 

Imam juga menginginkan warga Kelurahan Pojok yang terdampak TPA sebanyak 4.000 KK yang menerima, tetapi warga yang terdampak  dan tepat sasaran yang berhak menerima sebanyak 1.350 KK. 

Ia berharap kompensasi bansos dampak TPA Klotok Tahun Anggaran 2018 yang direncanakan cair Tahun 2019 sebesar Rp 1,1 milliar untuk warga sejumlah 1.350 KK. 

"Dana yang bersumber dari APBD diharapkan diberikan melalui lembaga yang sudah berbadan hukum dan legalitasnya jelas. Jangan sampai dana  diberikan Pokmas Sumber Tretes yang diduga belum berbadan hukum," ucap Imam kepada media ini. 

Tidak hanya persoalan dana bansos terdampak TPA yang dilaporkan ke pihak Adyaksa. Dilaporkan juga terkait dugaan pungli penarikan restribusi peziarah di makam bong cino Klotok dengan biaya Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 5.000 untuk sepeda motor. 

Imam menegaskan munculnya restribusi berdampak merugikan warga Kelurahan Pojok yang membantu para peziarah bong cina memasuki tradisi hari raya cina (cimbeng, red) warga  menawarkan jasa membersihkan makam leluhurnya. 

Ditambah lagi, ada aturan bagi warga Kelurahan Pojok harus pakai seragam untuk melakukan jasa membersihkan rumput di area makam Klotok Kelurahan Pojok. 

Imam juga menyoalkan uang tarikan restribusi peziarah itu masuk kemana ? Penarikan restribusi peziarah mana payung hukumnya ? Saya meminta pihak Kejaksaan memeriksa semua pihak yang ada di area makam bong cina Klotok Kelurahan Pojok. 

Sementara itu, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kota Kediri Yudi Istono saat dikonfirmasi melalui WhatsApp terkait warga Kelurahan Pojok mendatangi kantor kejaksaan. 

Yudi membenarkan bahwa perwakilan warga Kelurahan Pojok mendatangi Kantor Kejaksaan. 
"Namun, pihak kejaksaan belum bisa menjelaskan secara detail terkait yang dilaporkan oleh warga pojok," jawab Yudi singkat. (prijo) 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu